Program Studi

Informatika (S1)

Program Studi Informatika Universitas Nusa Mandiri adalah program pendidikan sarjana yang berfokus pada pengembangan teknologi informasi dan komunikasi dengan spesialisasi dalam kecerdasan artifisial, rekayasa perangkat lunak, dan jaringan komputer.

Daftar Sekarang
pmb-unm
shape 1
Tentang

Program Studi Informatika (S1)

Program studi ini dirancang untuk menghasilkan lulusan yang mampu menguasai konsep teoritis informatika, mengembangkan solusi teknologi inovatif, dan berkontribusi dalam transformasi digital bisnis. Dengan mengusung visi menjadi program studi yang unggul, mandiri, dan inovatif dalam pengembangan kecerdasan artifisial untuk mendukung transformasi digital bisnis.

Program Studi Informatika menyelenggarakan pendidikan berkualitas yang relevan dengan kebutuhan industri. Program ini mengintegrasikan pembelajaran teori dengan praktik melalui laboratorium dan kerjasama dengan dunia industri.

pmb-unm
shape 1

Visi

Menjadi program studi yang unggul, mandiri, dan inovatif dalam pengembangan kecerdasan artifisial untuk mendukung transformasi digital bisnis, Program Studi Informatika menyelenggarakan pendidikan berkualitas yang relevan dengan kebutuhan industri.

pmb-unm
shape 1

Sekilas Tentang Program Studi

Misi

Menyelenggarakan pendidikan tinggi yang unggul, mandiri, dan berinovasi dalam transformasi digital bisnis.
Kurikulum yang sesuai kebutuhan di bidang Informatika, Sistem Informasi, dan Sains Data.
Menyelenggarakan kegiatan penelitian yang unggul, mandiri, dan berinovasi dalam transformasi digital bisnis.
Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang unggul, mandiri, dan berinovasi dalam transformasi digital bisnis dengan berorientasi pada pemberdayaan masyarakat.
Melaksanakan kerja sama di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat dalam mendukung kegiatan yang mandiri, dan berinovasi dalam transformasi digital bisnis dengan perusahaan dan instansi pemerintah yang berkualitas di tingkat nasional maupun internasional.

Kurikulum

Jurusan Informatika (S1)

  • 1. Pendidikan Pancasila
  • 2. Pengantar Teknologi Informasi dan Bisnis
  • 3. Algoritma Pemrograman
  • 4. Dasar Pemrograman (p)
  • 5. Kewirausahaan Digital
  • 6. Pendidikan Kewarganegaraan
  • 7. Kalkulus

  • 1. Pendidikan Agama
  • 2. Arsitektur dan Organisasi Komputer
  • 3. Sistem Operasi
  • 4. Pemrograman Berbasis Objek (p)
  • 5. Struktur Data
  • 6. Aljabar Linier
  • 7. Bahasa Indonesia

  • 1. Bahasa Inggris
  • 2. Jaringan Komputer
  • 3. Praktikum Jaringan Komputer (p)
  • 4. Statistika
  • 5. Matematika Diskrit
  • 6. Sistem Basis Data
  • 7. Interaksi Manusia Komputer

  • 1. Routing & Switching Essential
  • 2. Grafika Komputer
  • 3. Analisa dan Desain Sistem
  • 4. Metodologi Penelitian
  • 5. Web Programming I (p)
  • 6. Mobile Programming (p)

  • 1. Administrasi Jaringan
  • 2. Pembelajaran Mesin
  • 3. Web Programming II (p)
  • 4. Pengolahan Citra
  • 5. Rekayasa Perangkat Lunak
  • 6. Internet of Things
  • 7. Keamanan Data dan Informasi

  • 1. Manajemen Proyek Perangkat Lunak
  • 2. Cloud Computing
  • 3. Sistem Multimedia
  • 4. Data Mining
  • 5. Digital Forensik
  • 6. Rintisan Bisnis Digital
  • 7. Kecerdasan Buatan

  • 1. Audit Teknologi Informasi
  • 2. Etika Profesi Informatika
  • 3. Sistem Pakar
  • 4. Proyek Informatika
  • 5. Praktik Kerja Lapangan (PKL)

  • 1. Skripsi

Prospek Kerja / Profesi Lulusan

01

Software Engineer / Developer

Merancang, mengembangkan, dan memelihara aplikasi perangkat lunak. Tugas: Coding, testing, debugging, dokumentasi sistem.

02

Network Administrator / Engineer

Mengelola dan memelihara infrastruktur jaringan komputer. Tugas: Konfigurasi jaringan, troubleshooting, security management.

03

AI / Machine Learning Engineer

Mengembangkan sistem kecerdasan buatan dan pembelajaran mesin. Tugas: Algorithm development, model training, AI implementation.

04

Cybersecurity Specialist

Melindungi sistem dan data dari ancaman keamanan siber Tugas: Security audit, penetration testing, incident response.

pmb-unm

Capaian Pembelajaran

Aspek Sikap (S)
Aspek Pengetahuan (P)
Aspek Keterampilan Umum (KU)
Aspek Keterampilan Khusus (KK)

Skill yang Didapat di Jurusan Informatika (S1)​

Soft Skill

Kemampuan interpersonal dan komunikasi yang kuat, membantu dalam kerjasama tim, pemecahan masalah, dan adaptasi.

Hard Skill

Kemampuan teknis yang diperoleh melalui pembelajaran teori dan praktek yang mendalam di bidang Informatika.

Mengapa harus Informatika (S1)

01

Kurikulum Terkini

Kurikulum berbasis Outcome Based Education (OBE) yang selalu diperbaharui mengikuti perkembangan teknologi dan kebutuhan industri.

02

Research & Development Opportunities

Kesempatan terlibat dalam riset dan pengembangan teknologi terdepan bersama dosen dan mitra industri.

03

Program Class Inovasi

Kelas khusus yang mendorong mahasiswa untuk mengembangkan solusi inovatif dan menciptakan produk teknologi yang berdampak.

Mata Kuliah Unggulan

Web Programming
Mobile Programming
Jaringan Komputer
Cloud Computing
Pengembangan Sistem Berorientasi Objek
Manajemen Proyek Perangkat Lunak
Rekayasa Perangkat Lunak
Keamanan Data dan Informasi
Digital Forensik
Pembelajaran Mesin
pmb-unm
shape 1

Kampus yang tersedia

Frequently Asked Questions

Pertanyaan yang sering diajukan seputar jurusan Informatika (S1)

Informatika mempelajari computational thinking, software engineering, dan computer science untuk mengembangkan solusi teknologi yang innovative dan efficient.

Program S1 Informatika di Universitas Nusa Mandiri membutuhkan 4 tahun (8 semester) dengan 144 SKS untuk mendapatkan gelar Sarjana Komputer (S.Kom.).

Informatika lebih fokus pada software engineering dan computer science fundamentals, sedangkan Sistem Informasi lebih ke business applications dan organizational systems.

Sangat excellent karena digital transformation menciptakan unlimited demand untuk software engineers dan IT professionals di semua industri.